Macam-Macam Beep Code

BEEP CODE PADA MOTHERBOARD

Ketika kita menghidupkan komputer, BIOS akan mengontrol komputer dan melakukan P.O.S.T (Power On Self Test). Setelah POST selesai komputer akan mengeluarkan suara ‘BEEP’ satu kali beep pendek untuk mengetahui bahwa pengetesan sukses. Tapi jika POST dari BIOS mengalami problem, yang dalam kondisi normal akan menampilkan visual error message di monitor. Jika problem terjadi sebelum BIOS inisialisasi video card atau video card tidak terdeteksi, maka BIOS akan mengeluarkan ‘BEEPS’ untuk mengetahui problem tersebut.

CODE ERROE MASSAGES DI KOMPUTER

Code Error Messages adalah pesan yang diurutkan dengan berdasarkan kesalahan yang terjadi pada software (perangkat lunak). Berarti ada masalah yang terjadi padakomputer kita, baik secara hardware maupun software. Semua code error massages tersebut dihasilkan dari sebuah system yang di sebut BIOS.

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input/Output System. Sistem BIOS ini dapat dikatakan sebagai nafas pertama komputer kita, jauh sebelum kita dapat melihat betapa indahnya tampilan desktop Windows.

FUNGSI BIOS

BIOS berfungsi membangunkan setiap hardware yang terdapat di dalam komputer kita, seperti motherboard, prosessor, RAM, dll. Setelah itu, BIOS akan melakukan pembagian resource sehingga setiap perangkat keras (hardware) akan dapat menjalankan fungsinya masing-masing. Kemudian BIOS akan membimbing komputer untuk melakukan rangkaian tes hardware dan melakukan proses boot sebelum akhirnya memanggil BOOTLOADER (program yang dapat menjalankan sistem operasi) yang akan memanggil sistem operasi yang anda gunakan.

JENIS-JENIS BIOS

Jenis BIOS bermacam-macam diantaranya;

- Award Bios,

- Ami Bios,

- Phoenix Bios,

- IBM Bios dsb,

1. Award BIOS Beep Codes

Award BIOS menggunakan beep dengan durasi yang berbeda. Beep panjang biasanya berdurasi 2 detik dan beep pendek berdurasi 1 detik. Selain itu Award BIOS, juga menggunakan frekuensi yang berbeda untuk masalah kritis, misalnya pada overheating CPU akan berbunyi beep frekuensi tinggi yang terus menerus pada saat komputer running.

Award Beep Code

2. AMI (American Megatrends International) BIOS Beep Codes.

AMI BIOS menggunakan beep yang sama panjang dan berurutan. Error diketahui dari banyaknya beep. Contohnya 4 beeps mengindikasikan timer gagal.

AMI BIOS Beep code
3. Phoenix BIOS Beep Codes
Phoenix BIOS menggunakan beep code yang pasti untuk indikasi problem. Di tabel, tanda ‘-’ yang berarti pause diantara beep.
Contohnya : 1 – 1 – 2 adalah BEEP <pause> BEEP <pause> BEEP BEEP
PHOENIX BIOS Beep Code
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: